PEMBERLAKUAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI
DAN KEAMANAAN
1. Ketentuan-ketentuan privasi dan kemanan, syarat dan ketentuan sebagaimana telah
menjadi kebijakan Perusahaan yang tersedia dalam website dan atau fasilitas Smile
Adira Finance menjadi hukum yang berlaku dan mengikat bagi Pengguna (User)
dan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisah dari Syarat dan Ketentuan ini.
2. Bahasa yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan ini adalah Bahasa Indonesia,
dan apabila Syarat dan Ketentuan ini diterjemahkan ke dalam bahasa asing lainnya
maka penafsiran dan pengertian mengenai isi Syarat dan Ketentuan tetap
menggunakan dan mengacu kepada Bahasa Indonesia.
3. Syarat dan Ketentuan ini dibuat/disusun serta dilaksanakan dari dan penafsiran
atas Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum Negara Republik
Indonesia.
4. Kebijakan privasi adalah ketentuan yang mengatur akun Pengguna (User) dan
informasi yang Pengguna (User) berikan kepada Perusahaan yang meliputi hal-hal
sebagai berikut:
a. Ikhtisar
b. Informasi Transaksi
c. Korespondensi Customer Service
d. Pengguna (User) dan Pengungkapan Informasi
e. Pembatasan Informasi untuk Pelanggan Lainnya
f. Pembatasan Informasi kepada pihak ketiga selain user
g. Kontak Pengguna (User)
Ikhtisar
Dalam rangka memberikan layanan terbaik dan menghindari penipuan, Perusahaan
berhak meminta Pengguna (User) untuk memberikan informasi pribadi termasuk
namun tidak terbatas pada Device OS, Device Brand, Device Model, Device Name, IP
Address, Mac Address, Device Phone Number, Telco Provider , Serial Number.
Kebijakan privasi ini menggambarkan dan/atau menjelaskan informasi yang
Perusahaan kumpulkan dan bagaimana Perusahaan menggunakan informasi
tersebut.
Perusahaan menghargai privasi informasi pribadi Pengguna (User) dan akan
menggunakan informasi Pengguna (User) hanya sesuai dengan ketentuan Kebijakan
ini. Perusahaan tidak akan menjual atau menyewakan data pribadi Pengguna (User).
Dengan menerima Kebijakan dan Syarat dan Ketentuan Smile Adira Finance,
Pengguna (User) menyatakan setuju dengan Penggunaan dan Pengungkapan
Informasi pribadi Pengguna (User) sesuai yang dijelaskan dalam Kebijakan.
Kebijakan ini dimasukkan ke dalam dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Smile
Adira Finance.
Perusahaan menjamin akan menyimpan dan/atau mengirimkan informasi pribadi
Pengguna (User) didalam lingkungan yang aman dan rahasia.
Informasi Transaksi
Perusahaan akan menyimpan informasi ini untuk setiap transaksi Pengguna (User)
yang dilakukan melalui Smile Adira Finance. Perusahaan juga mengumpulkan IP
Address setiap komputer atau perangkat yang Pengguna (User) gunakan utuk
mengakses akun Smile Adira Finance Pengguna (User), untuk membantu
mendeteksi kemungkinan kasus transaksi-transaksi tidak sah.
Korespondensi Customer Service
Jika Pengguna (User) mengirimkan koresponden kepada Perusahaan, Perusahaan
berhak menyimpan koresponden tersebut dalam rangka untuk mengukur dan
memperbaiki fasilitas Smile Adira Finance, dan untuk menyelidiki potensi
penipuan dan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini.
Perusahaan, dimungkinkan, dari waktu ke waktu, menghapus catatan-catatan
tersebut jika diijinkan oleh undang-undang.
Penggunaan dan Pengungkapan Informasi
Perusahaan mengumpulkan, menyimpan dan memproses informasi pribadi
Pengguna (User) pada server Smile Adira Finance.
Perusahaan menggunakan informasi Pengguna (User) yang Perusahaan kumpulkan
untuk menyediakan fasilitas dan memproses transaksi-transaksi, untuk layanan
costumer service, untuk menentukan kelayakan Pengguna (User) untuk menerima
penawaran produk-produk atau fitur-fitur khusus, serta untuk meningkatkan
fasilitas Smile Adira Finance.
Pembatasan Informasi kepada Pihak Ketiga selain Pengguna (User)
Perusahaan tidak akan menjual, menyewakan informasi pribadi Pengguna (User)
kepada pihak-pihak ketiga. Perusahaan tidak akan membagi informasi pribadi
Pengguna (User) kepada pihak ketiga kecuali dalam kondisi tertentu yang akan
dijelaskan terlebih dahulu, atau dengan ijin Pengguna (User) (dan untuk Pengguna
(User) lain seperti dijelaskan diatas). Pihak ketiga ini dibatasi oleh hukum atau
dengan kontrak menggunakan informasi untuk tujuan sekunder diluar informasi
tersebut dibagikan.
Perusahaan berbagi informasi dengan itikad baik untuk bekerjasama dalam
penyelidikan terkait dengan penipuan atau aktivitas legal lainnya, atau untuk
penyelidikan terhadap pelanggaran Kebijakan & Aturan Perusahaan.
Secara khusus, jika Perusahaan melakukan investigasi penipuan dan menyimpulkan
bahwa ada satu pihak telah terlibat dalam praktek penipuan, Perusahaan dapat
memberikan informasi kontak dan/atau identitas Pengguna (User), kepada pihak
yang berwenang.
Perusahaan membuka informasi untuk menanggapi sebuah surat perintah,
panggilan pengadilan, perintah pengadilan, retribusi, lampuran, urutan penerima
yang ditujuk pengadilan atau proses pengadilan lainnya yang sebanding, termasuk
panggilan pengadilan dari pihak swasta dalam tindakan sipil.
Perusahaan mengungkapkan informasi Pengguna (User) kepada agen atau
perwakilan hukum Pengguna (User) (seperti pemegang surat kuasa yang Pengguna
(User) tunjuk atau wali yang ditunjuk untuk Pengguna (User).
Perusahaan berbagi data kepada mitra bisnis Perusahaan atau untuk public relation.
Contohnya, Perusahaan dapat mengungkapkan jumlah dalam prosentasi tertentu
Pengguna (User) Perusahaan yang tinggal di Jakarta. Namun, informasi ini tidak
berkaitan dengan informasi pribadi.
Perusahaan berbagi informasi dengan perusahaan utama Perusahaan, anak
perusahaan dan joint venture untuk membantu mengkoordinasikan fasilitas yang
Perusahaan berikan kepada Pengguna (User), pelaksanaan Syarat dan Ketentuan
serta mempromosikan kepercayaan dan keamanan.
Kontak Pengguna (User)
Perusahaan berkomunikasi dengan Pengguna (User) secara teratur melalui email
untuk menyediakan layanan yang diminta, dan Perusahaan juga berkomunikasi
melalui email atau telepon untuk menyelesaikan keluhan Pengguna (User) atau
untuk menyelidiki transaksi mencurigakan.
Perusahaan menggunakan alamat email Pengguna (User) untuk mengkonfirmasi
pembukaan akun Smile Adira Finance, untuk mengirimkan pemberitahuan
pembayaran yang Pengguna (User) kirimkan atau terima melalui aplikasi Smile
Adira Finance, mengirimkan informasi mengenai perubahan penting pada fasilitas
Smile Adira Finance dan mengirimkan pemberitahuan dan informasi lainnya yang
diminta oleh hukum.
Perusahaan juga akan menggunakan alamat email Pengguna (User) untuk
mengirimkan komunikasi dalam bentuk lain yang dapat Pengguna (User) kontrol
termasuk didalamnya, tips, newsletter, customer survey, dan informasi khusus dari
pihak ketiga. Sehubungan dengan audit independen atas laporan keuangan dan
operasi Perusahaan, auditor mungkin akan mencari dan menghubungi Pengguna
(User) untuk memastikan bahwa catatan Perusahaan akurat. Namun, auditor ini
tidak dapat menggunakan informasi pribadi untuk tujuan-tujuan sekunder.
Kebijakan keamanan meliputi hal-hal sebagai berikut:
a. Perusahaan menangani informasi Pengguna (User) dengan standar
keamanan informasi tinggi.
b. Perusahaan membatasi akses informasi pribadi Pengguna (User) hanya
kepada karyawan yang memerlukannya dalam rangka untuk menyediakan
fasilitas Smile Adira Finance kepada Pengguna (User).
c. Perusahaan menjaga keamanan fisik, elektronik dan prosedur pengamanan
yang sesuai dengan peraturan pemerintah untuk menjaga informasi non-
publik Pengguna (User). Keamanan akun Pengguna (User) juga bergantung
pada perlindungan password Pengguna (User). Jangan memberikan
password kepada orang lain. Perwakilan dari Perusahaan tidak pernah
meminta password Pengguna (User), jika ada email atau komunikasi lainnya
yang meminta password Pengguna (User), harap untuk berhati-hati dan
kegiatan ini dianggap tidak sah dan mencurigakan.
d. Jika Pengguna (User) memberitahukan password kepada pihak ketiga untuk
alasan apapun, termasuk pihak ketiga telah berjanji untuk memberikan
layanan tambahan seperti agregasi akun, maka pihak ketiga tersebut akan
memiliki akses ke akun dan informasi pribadi Pengguna (User), dan
Pengguna (User) yang bertanggung jawab atas tindakan yang diambil karena
mereka menggunakan password Pengguna (User).
e. Jika Pengguna (User) yakin orang lain telah mengakses password Pengguna
(User), segeralah ubah password dan segera hubungi Perusahaan.
f. Hindari penggunaan password dengan format umum seperti tanggal lahir.
g. lakukan pergantian password secara berkala dalam kurun waktu maksimal 1
bulan sekali.
h. ketika pertama login user akan diminta membuat PIN untuk masuk aplikasi.
PIN terdiri dari 6 digit angka.
Jika Pengguna (User) memiliki pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan ini silahkan
untuk langsung menghubungi PIC HR Adira Finance melalui alamat email
af.helpsmile@adira.co.id.